Pages

Selasa, 26 Januari 2010

SEKILAS SMK NEGERI 1 WANAREJA

SMK Negeri 1 Wanareja berdiri pada tahun pelajaran 1999/2000, awal langkah perjalanannya dimulai dengan tekad untuk mengangkat citra Sekolah Menengah Kejuruan dan menjawab tantangan dunia kerja bahwa Putra Wanareja dan sekitarnya mampu bersaing merebut peluang kerja di rumah sendiri dan umumnya pada dunia usaha global.

Meskipun secara geografis SMK N 1 Wanareja terletak diantara Jawa Tengah dan Jawa Barat yakni di Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap Jawa Tengah namun sarat akan prestasi yang mampu diraihnya.

Status Kelembagaan

Tahun pelajaran 1999/2000 sebagai awal berdirinya SMK Negeri 1 Wanareja, untuk menuju sekolah unggul, dalam perjalanannya memerlukan arah dan panduan tidak ada pilihan lain kecuali dengan pengembangan secara total yang dirumuskan dalam visi, misi serta berpedoman kepada kebijakan mutu organisasi serta dituangkan dalam sasaran mutu, diimplementasikan dan dievaluasi, kemudian diimplementasikan lagi dengan target.

Kerja keras dari warga SMK Negeri 1 Wanareja pada saat ini telah membuahkan hasil, dimana SMK Negeri 1 Wanareja telah dipersiapkan sebagai Sekolah Berstandar Internasional pada tahun pelajaran 2008/2009.

Pada bulan Maret 2006 SMK Negeri 1 Wanareja telah mendapat sertifikat SMM ISO 9001:2000. Nomor certifikat 01.100.065346 diterbitkan oleh TUV Rheinland Group.

Pada tahun ajaran ini 2008/2009 SMK Negeri 1 Wanareja terdiri dari 23 kelas (Tek. Konstruksi Bangunan 6 kelas, Tek. Mekanik Otomotif 7 kelas, Pertanian 6 kelas dan Multimedia 7 kelas)

Lokasi Sekolah

Sejak tahun 1999 SMK Negeri 1 Wanareja berada di Jl. Srikaya Wanareja Cilacap Jawa Tengah.



Kurikulum



Pada dasarnya kurikulum suatu lembaga pendidikan meliputi perumusan tujuan, lama pendidikan, struktur program garis-garis besar program pengajaran, metode pengajaran dan evaluasi hasil belajar. Kurikulum disusun berdasarkan peraturan pemerintah dan undang-undang dan ditetapkan oleh Menteri Pendidikan Nasional, serta aturan pelaksanaannya dari pejabat yang terkait. Pembahasan kurikulum sebagai pedoman kegiatan pembelajaran di SMK Negeri 1 Wanareja adalah kurikulum yang sudah dibakukan, dan dalam hal ini menitik beratkan "Pendekatan" dari masing-masing kurikulum.

Kurikulum edisi 1999

Sebagai penyempurnaan dari kurikulum 1994. Dalam hal ini adanya perubahan paradigma. a. Dari supply driver ke demand driver, b. Dari mata pelajaran/topik pembelajaran ke kompetensi c. Dari belajar hanya di sekolah menjadi belajar di sekolah dan dunia industri pasangan d. Dari sekolah yang berdiri sendiri mengarah sekolah sebagai bagian tak terpisahkan dari politeknik, BRK, Kursus-kursus dan lembaga diklat lainnya (PPKT).

Kurikulum 2004

Broad Base Curiculume (BBC) dan Competensi Base Training (CBT) Production Base Training (PBT), dengan strategi belajar tuntas (Mastery learning), belajar melalui kegiatan yang memberi pengalaman bermakna (learning by doing), belajar dengan memperhatikan keunikan setiap individu /individualized learning dan belajar secara kelompok (group learning) serta belajar dengan system modal. dan

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

0 komentar:

Posting Komentar