Pages

Selasa, 17 Februari 2015

Makalah Pengenalan Router, Fungsi, kelebihan dan kekurangan Router

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1.       Latar Belakang
Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer, dan peralatan lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan.
Router adalah piranti penting dalam sebuah jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan suatu jaringan ke jaringan lain yang berbeda tipe dan maupun jenisnya, Misal suatu LAN ingin dihubungkan dengan WAN maka perangkat router inilah yang akan berfungsi sebagai penghubung antara keduanya, Kerusakan pada sebuah router yang telah terintegrasi pada jaringan tentu menjadi masalah besar jika tidak ditangani dengan benar. Untuk itu pemahaman tentang router akan sangat mempermudah dalam proses penanganan troubleshooting-nya.
1.2.       Rumusan Masalah
Dalam makalah ini secara garis besar hal-hal yang kita bahas adalah sebagai berikut:
·         mengenal router secara umum,
·         memahami Fungsi router secara umum.

1.3.       Tujuan
Adapun tujuan yang diharapkan dapat dicapai  router antara lain :
·         mampu mengoperasikan sebuah router secara umum,
·         mampu memahami fungsi router secara umum,
·         mampu memahami jenis-jenis router.




BAB II
PEMBAHASAN

2.1.       Pengertian Router
Router adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan, baik jaringan yang sama maupun berbeda dari segi teknologinya seperti menghubungkan jaringan-jaringan berbeda yang menggunakan topologi Bus, Star, ataupun Ring.
Secara mendalam router sendiri adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Adapun proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.

2.2.  Fungsi Router
a.       Router berfungsi utama sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Perbedaannya dengan Switch adalah kalau switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).
b.      Router menstranmisikan informasi dari satu jaringan ke jaringan lain yang sistem kerjanya sama dengan BRIDGE.
c.       Digunakan juga untuk menghubungkan LAN ke sebuah layanan telekomunikasi seperti halnya telekomunikasi leased line atau Digital Subscriber Line (DSL). Router digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah koneksi leased line seperti T1, atau T3, sering disebut sebagai access server. Untuk Selengkapnya Silahkan Download PDFnya :D



0 komentar:

Posting Komentar